Berlangsung Semarak, Perguruan Muhammadiyah Peringati Milad ke-75

Disperpussip Gresik Perluas Jangkauan Minat Baca
July 29, 2022
Perihal Doa Sebelum dan Sesudah Makan
August 4, 2022

Bazar dan pentas seni menambah semarak milad ke-75 Perguruan Muhammadiyah Gresik. (dok. sdmugres)

KABARMUGRES – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PCM Gresik menggelar peringatan milad ke-75 Perguruan Muhammadiyah Kecamatan Gresik. Peringatan milad ini diselenggarakan pada Sabtu (30/7/2022) di Kampus A SD Muhammadiyah Kompleks Gresik.

Peringatan milad kali ini terasa berkesan karena dua tahun terakhir tidak dapat digelar sebagai efek pandemi. Untuk itu, berbagai kegiatan dilangsungkan dengan maksud menambah semarak peringatan milad tahun ini. Seperti jalan sehat, bazar, pentas seni, dan pembagian hadiah kejutan.

Mengusung tema “Berkhidmat Memajukan Pendidikan, Mencerahkan Semesta” acara ini juga dihadiri oleh siswa, wali siswa, guru, karyawan, dan komite sekolah dari berbagai lembaga. Yakni, TK Aisyiyah 1 Gresik, TK Aisyiyah 24 BP Wetan, SD Muhammadiyah Kompleks Gresik (SD Mugres), dan SMP Muhammadiyah 1 Gresik (Spemutu). Seluruhnya terlihat bergembira bersama.

Acara diawali dengan jalan sehat. Seluruh peserta menyusuri rute jalan yang telah ditetapkan panitia. Start dimulai dari halaman SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Lalu, berjalan ke barat ke Jalan Sindujoyo, Jalan Hasyim Asyari, Jalan Samanhudi, Jalan Nyai Ageng Pinatih, Jalan K.H. Kholil, dan kembali ke Perguruan Muhammadiyah Gresik.

Para kepala sekolah dari TK ABA 1, TK ABA 24, SD Mugres, dan Spemutu memberangkatkan peserta jalan sehat (dok. sdmugres)

Peserta yang hadir kembali disuguhi bazar yang menjual berbagai makanan dan minuman. Menurut ketua penyelenggara, Nurindah Zamania, bazar ini terselenggara atas partisipasi komite dari empat sekolah yang disebut di awal.

“Alhamdulillah, hampir seluruh stan dapat menjual sampai ludes,” tutur Bu Rinda.

Sembari menikmati makanan-minuman bazar, hadirin disuguhi penampilan seni siswa. Siswa TK Aisyiyah 1 dan 24 masing-masing unjuk kebolehan menampilkan koreografi lucu diiringi lagu yang riang.

Siswa SD Mugres menampilkan senam semafor Hizbul Wathan dan menyanyi tunggal. Syifa Kirani Muktiningtyas Loemaksono dari kelas 5 tampil memukau dengan membawakan dua judul lagu. Begitu pula penampilan siswi dari Spemutu yang tampil menarik perhatian peserta.

Penampilan memukau Syifa Kirani saat bernyanyi membuat penonton merangsek ke depan panggung. (dok. sdmugres)

Untuk diketahui, walaupun digelar pada tanggal 30 Juli 2022, sejatinya tanggal milad Perguruan Muhammadiyah Gresik ditetapkan pada 1 Agustus. Penetapan tanggal tersebut didasarkan pada berdirinya SD Muhammadiyah Gresik.

Ketua Majelis Dikdasmen, Ahmad Subagiyono menyatakan, digelarnya acara milad pada hari Sabtu ini agar tidak mengurangi waktu kegiatan belajar-mengajar. Selain itu, agar dapat dihadiri lebih banyak siswa dan orang tua karena bertepatan di akhir pekan.

“Acara milad ini juga dibarengkan dengan grand opening Saft Muhammadiyah Boarding School yang berada tak jauh dari kompleks perguruan,” imbuh Pak Yoyon, sapaan akrabnya.

Bagi masyarakat Gresik, Perguruan Muhammadiyah Gresik ini terbilang istimewa. Ditilik dari sejarah berdirinya, sebagaimana dilansir di situs resmi SD Mugres, amal usaha Muhammadiyah bidang pendidikan di Kabupaten Gresik bermula di wilayah Kecamatan Gresik.

Group Muhammadiyah Gresik yang dipimpin oleh K.H. Faqih Usman mendirikan Madrasah Muhammadiyah pada Ahad, 3 Juli 1927/3 Muharam 1346 H di Gedung Kampung Kemasan. Peresmian ini juga dihadiri oleh K.H. Mas Mansyur, salah satu tokoh nasional dan ulama Muhammadiyah.

Tahun 1928 madrasah ini berubah menjadi Volkschool Muhammadiyah, lalu berubah lagi menjadi Hollandsch Inlandsche School (HIS) Muhammadiyah. Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 1 Agustus 1947 berubah menjadi SD Muhammadiyah.

Kesadaran masyarakat saat itu terhadap pentingnya pendidikan untuk anak-anaknya semakin berkembang pesat. Banyak yang memercayakan putra putrinya bersekolah di SD Muhammadiyah Gresik. Banyaknya peminat ini dibatasi oleh aturan administrasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, pada hari Kamis, 1 Agustus 1973, SD Muhammadiyah Gresik dikembangkan menjadi dua sekolah yaitu SD Muhammadiyah 1 dan SD Muhammadiyah 2. Pada 1 Januari 1974 kemudian bertambah SD Muhammadiyah 3 Gresik di Kelurahan Pulopancikan.

Pak Yoyon, ketua majelis Dikdasmen PCM Gresik, memberi sambutan sembari membagikan kupon bazar. (dok. sdmugres)

Saat ini, tiga sekolah yang berdampingan ini sepakat untuk seiring sejalan membangun kemajuan bersama. Slogan “Satu Kata, Satu Suara, Maju Bersama” disinergikan dengan citra baru SD Muhammadiyah Kompleks Gresik (SD Mugres).

SD Mugres terbagi atas Kampus A yang menempati gedung di Jalan K.H. Kholil Nomor 90 Gresik dan Kampus B di Jalan Harun Thohir Nomor 37A Gresik.□(ab)

 Peliput: Abizar Purnama,S.S.

Leave a Reply

Your email address will not be published.